ASSALAMUALAIKUM WAROHMATULLOH ...
AHLAN WA SAHLAN WA MARHABAN ....

Join The Community

Subscribe via Email

Kamis, 21 April 2011

KISAH SEORANG LAKI LAKI DI BAGHDAD (lanjutan kitab uqudulujain)

Di baghdad ada seorang laki laki menikah dengan anak puteri pamannya sendiri.Dalam pernikahan itu ia berjanji tidak akan menikah lagi dengan wanita lain.Suatu hari ada seorang perempuan datang (belanja)ke tokonya.Ia meminta lelaki itu untuk menikahi dirinya.Lelaki itupun bercerita apa adanya,bahwa dia telah mengikat janji dengan istrinya (anak pamannya )untuk tidak akan kawin lagi dengan wanita lain.

Tetapi perempuan itu terus mendesak dirinya ,hingga dirinya rela sekalipun hanya di gilir pada hari jum'at.Lelaki itupun menikahinya.
Masa itu telah berlalu,hingga sampai memasuki kedelapan bulan dalam pernikahannya dengan wanita lain,isterinya mulai curiga.Ia tidak menyukai tingkah suaminya yang mulai tidak beres.Ia memerintahkan pembantunya supaya menyelidiki suaminya.

Menjelang hari jum'at,suaminya keluar,isterinya meminta pembantunya untuk mengawasi dari jauh,ke mana tujuannya. Ternyata ia masuk kerumah seorang perempuan.Pembantutadi terus malakukan penyelidikan Ia bertanya kepada salah seorang tetangga perempuan itu.Jawabnya,bahwa lelaki itu telah menikahinya beberapa bulan yang lalu.

Tuan puterinya di beritahu bahwa,suaminya telah menikah lagi dengan perempuan lain.Ia berkata:"Kamu jangan menyebarkan rahasia ini kepada siapapun".

Manakala lelaki itu telah mati(yakni suami dari isteri anak pamannya) Ia mengutus pembantunya supaya mengantarkan uang sebanyak 500 dinar kepada isterinya yang kedua ."Pergilah kerumahnya dan katakan kepadanya :"Semoga Allah menambah pahalamu menjadi lebih besar .Sesungguhnya suamimu telah mati.Ia meninggalkan uang sebanyak 8000 dinar.Yang tujuh ribu dinar diberikan kepada anaknya.Yang 1000 dinar lagi dibagi dua antara aku dan kamu."

Ketika isteri mudanya mendapat penjelasan itu,ia menolak pemberian uang dari isteri tua.Ia berkata kepada pembantunya :"Kembalikan uanng itu padanya.Aku tidak akan mengambil maskawin daripadanya,dan aku tidak ingin mengambil tinggalan apapun dari padanya."

Tersebut dalam riwayat,kelanjutan hadits diatas :
"ayyumamra-atin 'ashot zaujahaa fa'alaihaa la'natullaahi wal malaa-ikaati wannaasi ajma'iina".(al hadits)
Artinya: "Mana saja isteri yang berbuat durhaka kepada suaminya,maka ia memperoleh laknat Allah ,para malaikat,dan semua manusia".

Imam Ali bin abu thalib berkata:"Aku mendengar Rasulullah bersabda:"Seandainya seorang isteri membawa makanan yang di goreng dan yang di rebus di kedua tangannya lalu,diletakkan (disiapkan)untuk suaminya, tetapi suaminya tidak meridhoinya,maka dihari kiamat kelak isteri itu akan di kumpulkan bersama golongan Yahudi dan Nashrani.(al hadits)

Abdullah bin mas'ud mengatakan bahwa,aku mendengar Rasulullah bersabda:
"ayyumaa imra-atin da'aahaa zaujuhaa ilaa firaasyihi fasawwafat bihi hatta yanaama fahiya mal'uunah".(al hadits)

Artinya :"Mana saja isteri yang di ajak suaminya bersetubuh,lalu ia mengulur ngulur waktu hingga suaminya tertidur, maka ia terlaknat".

Dalam kelanjutan hadits di katakan:"Mana saja isteri yang bermuka masam di depan wajah suaminya maka ia berada dalam kemurkaan Allah hingga ia tersenyum kembali dan berusaha meminta keridhoannya.Dan mana saja isteri yang keluar rumahnya tanpa mendapat restu suaminya maka ia dilaknati para malaikat hingga kembali".

Abdurrahman bin 'auf mengatakan,aku mendengar bahwa rasulullah bersabda:
"ayyumamra-atin 'abasat fii wajhi zaujihaa illaa qaamat min qabrihaa
muswaddatalwajhi
".(al hadits)
Artinya :"Mana saja isteri yang bermuka masam di depan suaminya,kelak ia dibangkitkan dari kuburnya dalam keadaan berwajah hitam".

Dari 'usman bin 'affan Ra berkata, aku mendengar rasulullah bersabda:
"maa kharajat imra-atumminbaiti zaujihaa bi ghairi idznihi illaa la'anahaa
kullu syai-in thala'at 'alaihisysyamsu hattal hiitaani fil bahri."
Artinya : "Tidaklah seorang isteri keluar dari rumah suaminya tanpa mendapat restunya, kecuali dilaknati oleh segala sesuatu yang tersiram matahari,hingga termasuk ikan ikan yang ada dilaut".(al hadits)

Ummul mu'minin 'aisyah ra berkata:
"yaa ma'syarannisaa lau ta'lamna bi haqqi azwaajikunna 'alaikunnalaja'alatilmar-atu minkunna tamsahulghubaara 'an qadama zaujihaa buhurri wajhihaa"(al hadits)
Artinya : " Wahai kaum wanita ,seandainya kamu akan mengetahui hak-hak suamimu atas dirimu,niscaya kamu akan bersedia membersihkan debu ditelapak kaki suaminya dengan sebagian wajahnya".

Tersebut dalam riwayat Al Bazzar dari 'aisyah ra bahwa beliau berkata:"
"Aku bertanya kepada rosulullah saw "Siapa orang yang palingbesar hak-haknya atas wanita ?. Beliau menjawab:"Suaminya". Aku melanjutkan:"siapa orang yang paling besar hak-haknya atas seorang laki laki?".Beliau menjawab"Ibunya".

Rasullullah saw bersabda :"Ada tiga macam orang yang mana Allah tidak berkenan menerima sholatnya ,kebajikannya tidak dibawa naik kelangit.Yaitu:
1)Budak yang lari dari tuannya hingga kembali,
2)Isteri yang di marahi suaminya hingga mendapat ridhonya ;
3)pemabuk hingga sadar (dari mabuknya).
Riwayat Ibnu huzaimah,ibnu hibban dan al baihaqqi dari jabir.

Rasulullah bersabda ketika mengingatkan kaum wanita (isteri):"idzaa qaalatil mar-atu lizaujiha maa ra-aitu minka khairunqaththu faqad habitha 'amaluha"".
Artinya : "Apabila seorang istri berkata pada suaminya :"Sama sekali aku tidak pernah melihat kamu berbuat baik".makabenar benar telah terhapuslah amalnya".(riwayat ibnu adi dan ibnu 'asakir dan 'aisyah)

Thalhah bin ubaidillah ra mengatakan bahwa,aku mendengar Rasulullah bersabda :
"ayyumamra-atin qaalat lizaujihaa maa ra aitu minka khairan quththa illaa ayasahallaahu ta'aalaa mirrahmatihi yaumalqiyaamati"
Artinya : "Mana saja perempuan (isteri)yang berkata pada suaminya :Sama sekali aku belum pernah melihat engkau berbuat baik",Kecuali Allah memutuskan rahmat baginya kelak di hari kiamat".(al hadits)

Rasulullah bersabda :"Mana saja istri yang menuntut cerai suaminya tanpa ada perkara yang memperbolehkannya sama sekali(yakni alasan yang jelas),maka haram baginya menikmati bau harumnya sorga (yakni terhalang penciumannya pada bau sorga).(diriwayatkan oleh Ahmad,abu daud,At turmudzi,Ibnu Mahaj,Ibnu Hibban,Al hakim dari tsauban).

Abu bakar As sidiq Ra mengatakan,aku mendengar bahwa rasulullah saw bersabda:"Apabila seorang istri berkata pada suaminya :"Ceraikanlah aku ",Maka kelak dihari kiamat ia datang dengan membawa wajah tanpa terbalut daging,sementara lidahnya menjulur keluar dari langit langit mulut dan ia turun menuju tengah-tengah jurangnya neraka,kendati ia selalu berpuasa dan beribadah di waktu malamnya".

Rasulullah saw bersabda:"innallaaha laa yandzuru ilaa imra-atin laa tasykuru zaujahaa..".
Artinya : "Sesungguhnya allah tak mau memperhatikan seseorang istri yang tidak mau bersyukur kepada suaminya".(al hadits)

Rasulullah saw bersabda :"laa yandzurullaahu tabaaraka wata'aalaa ilaa imra-atin laa tasykur lizaujihaa wahiya laa tstaghnii 'anhu".
Artinya :"Allah tidak mau memperhatikan seseorang istri yang menolak bersyukur kepada suaminya,padahal ia tetap membutuhkan suaminya".

Diriwayatkan dari abu hurairah,aku mendengar bahwa rasulullah saw bersabda "Seandainya seorang istri mempunyai KEKayaan seperti yang dikuasai Sulaiman bin daud,dan suaminya ikut makan hartanya ITu,kemudian istrinya berkata kepadanya:"Mana harta milikmu !!",kecuali Allah akan menghapus amalnya (amal istri)selama empat puluh tahun".

Usman bin 'affan berkata ,aku mendengar Rasulullah saw bersabda:"Seandainya seorang istri mempunya sejumlah harta kekayaan sebanyak isi dunia dan memberikan Semua kekayaan itu pada suaminya,dan setelah berlalu beberapa Saat lalu di ungkit-ungkitnya,kecuali Allah akan menghapus semua amalnya dan akan mengumpulkanya bersama dengan Qorun".

Tidak ada komentar:

Posting Komentar