ASSALAMUALAIKUM WAROHMATULLOH ...
AHLAN WA SAHLAN WA MARHABAN ....

Join The Community

Subscribe via Email

Sabtu, 02 April 2011

KITAB RUMAH TANGGA (kitab uqudulujain)

PENGANTAR
Assalamu'alaikum warohmatullahi wabarakatuh.
Alhamdulillah assholatu wa salam ala rasulillah wa ala aalihi wa man walahu.
Berikut ini adalah KITAB RUMAH TANGGA yang merupakan terjemahan kitab yang berjudul "UQUUDULUJAIN FII BAYAANI HUQUUQUZZAUJAINI"  yaitu sebuah kitab yang isinya mengatur urusan kehidupan berumah tangga meliputi hak hak suami istri. Kitab ini saya posting secara partial yang merupakan infaq dari seorang sahabat yang saya tuangkan dalam blog  taoficha.blogspot.com ini semoga kita semua dapat mengambil manfaat darinya.amin
Wabillahi taufik wal hidayah wassalamualaikum warohmatullohi wabarakatuh.

HAK-HAK ISTRI TERHADAP SUAMI

Alloh SWT berfiman sebagaimana tersebut dalam Surat An-Nisaa ; Ayat 19:
Artinya : " Dan pergaulilah mereka (istri-istrimu)dengan baik "
Yang dimaksud adalah pergaulan secara adil.Baik dalam pembagian giliran (kalau kebetulan polygami),pemberian belanja dan berperangai baik dalam ucapan dan tindakan.

Dalam Surat Al-Baqoroh ayat 228 diterangkan:
Artinya : " Dan para wanita mempunyai hak yang seimbang dengankewajiban nya menurut cara yang ma'ruf.Akan tetapi para suami mempunyai suatu tingkatan kelebihan daripada istrinya."

Diriwayatkan dari nabi Saw bahwa, saat beliau menunaikan haji wada' belau bersabda :Setelah belau mamuji Alloh Swt dan menyanjung-Nya serta memberi petuah pada kaum muslimin yang hadir ,Beliau melanjutkan sabdanya: "Ingatlah, berikanlah wasiat kepada para wanita secara baik,karena mereka hanyalah sebagai tawanan dihadapanmu.Sesungguhnya kalian tidak memiliki apapun dari mereka kecuali kebaikan .kecuali jika mereka itu(wanita) datang dengan mambawa perbuatan buruk yang jelas. Kalau wanita melakukan perbuatan tercela, maka berpisahlah sebatas tempat tidur dan pukullah dengan pukulan yang tidak membahayakan. Kalau istimu mentaati maka kamu jangan mencari alasan lain untuk mengusiknya. Ingatlah sesungguhnya kamu mempunyai hak atas istri dirimu. Diantara hak kalian atas istri-istrimu adalah melarang istrimu menggelar tikarmu terhadap orang yang tidak kamu sukai dan tidakmengijinkan istri-istrimu memasukkan orang yang tidak kam sukai .Ingatlah ,bahwa diantara hak-hak istrimu adalah memberi pakaian yang baik kepadanya dan demikian pula dalam hal makanannya."

Rosululloh Saw bersabda:
Artinya: " Hak istri atas suami adalah mamberi makan kepadanya jika ia(suami) makan, memberi pakaian kepadanya apabila ia(suami) berpakain,dan jangan menampar wajah,jangan menjelek-jelekan dan jangan membiarkan (memisahkannya) kecuali dalam hal tempat tidur. (riwayat Thamrani dari Muawiyah bin Haidah).

Rosulloh Saw bersabda:
"ayyumaa rojulin tazawwaja imroatan 'alaa maaqolla minalmahri au katsuro laisya fii nafsihi anyuaddiya haqqohaa khodda'ahaa famaata walam yuaddi ilaihaa haqqohaa laqiyalloha yaumal qiyamata wahuwa zaarin"
Artinya: "Siapapun orang laki-laki yang menikahi seorang wanita dengan maskawin yang hanya sedikit atau banyak,tetapi drinya berniat untuk tidak memenuhi hak-hak istri (ya'ni bermaksud menipunya) lalu lelaki itu mati hingga belum pernah memenuhi hak-hak istrinya ,maka dihari kiamat kelak ia akan menghadap Alloh Swt dengan menyandang predikat sebagai penzina."

Rosulloh Saw bersabda:
"inna min akmalil mu'miniina iimaanan ahsanuhum khuluqon waalthofuhum biahlihii ."
ARTINYA:"Sesunguhnya diantara kesempurnaan keimanan orang mukmin adalah mereka yang lebih bersikap kasih sayang (berlaku lemah lembut) terhadap istrinya." (riwayat Turmudzi dan Hakim dari Aisyah).

Rasulullah SAW bersabda:
"khoirukum khoirukum liahlihii wa ana khoirukum li ahlii."
Artinya : " Sebaik-baik orang diantara kamu adalah mereka yang paling bagus terhadap istri-istrinya. Dan aku adalah orang yang terbaik diantaramu terhadap keluarga (istri-istri)ku." (Riwayat Ibnu Hibban).

Dalam riwayat lainnya dikatakan :
Artinya : " Sebaik-baik orang diantara kamu adalah mereka yang paling bagus terhadap istri-istrinya, dan aku adalah orang yang lebih bagus diantaramu terhadap istri-istriku."

Rasulullah SAW bersabda :
"man shobaro'ala suui khuluqi imroatihii a'thoohu allahu minal ajri mitslamaa u'thiya ayyuubu 'alaihissalaamu'ala balaa ihi wa man shobarot 'alasui khuluqi zaujihaa a'thoohallahu minal ajri mitslatsawaa bi aasiyata imroata fir'auna."
Artinya : " Barang siapa bersabar atas keburukan kelakuan istrinya maka Allah SWT akan memberi pahala kepadanya seperti pahala yang pernah diberikan Allah SWT kepada Nabi Ayyub AS atas cobaan yang diterimanya. Dan barang siapa bersabar atas keburukan kelakuan suaminya maka Allah SWT memberi pahala kepadanya seperti pahala yang pernah diberikan kepada Asiyah istri Fir'aun."

Tidak ada komentar:

Poskan Komentar